RPP Berkarakter Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 17 Kota Bengkulu

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : VIII A/B/C/D

Semester                                  :  1 (satu)

Alokasi Waktu                        : 2 x 40 Menit

 

A.   STANDAR KOMPETENSI                       

Membaca : Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat.

 

  1. B.   KOMPETENSI DASAR :

Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah.

 

  1. C.   INDIKATOR

1. Kognitif :

Produk

-    Mampu membaca arah mata angin.

-    Mampu membaca denah yang diberikan.

-    Mampu menemukan tempat yang ditunjukkan dalam denah.

Proses :

-   Mampu mendiskusikan isi denah yang diberikan.

-   Mampu mengidentifikasi lokasi tertentu dalam denah.

2. Psikomotor

-   Mampu menjelaskan arah yang dituju dalam denah.

-   Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan denah yang diberikan.

-   Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju.

3. Afektif

Keterampilan Karakter :

-   Kerja sama

-   Tanggung jawab

-   Jujur

-   Teliti

-   Tekun

-   Rasa ingin tahu

 

Keterampilan Sosial :

-   Bertanya dengan bahasa yang santun

-   Membantu teman yang kesulitan

 

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Kognitif :

Produk :

Siswa diberikan contoh denah, selanjutnya siswa diharapkan :

-    dapat membaca arah mata angin.

-    dapat membaca denah yang diberikan.

-   Dapat menemukan lokasi yang ditunjuk dalam denah.

Proses

-   Siswa dapat menunjukkan lokasi dalam denah dengan mengerjakan tugas di LP 1

-   Siswa dapat mendiskusikan isi denah dengan mengerjakan tugas di LP 1

- Siswa dapat mengidentifikasi lokasi dalam denah dengan mengerjakan tugas di LP1

 

2. Psikomotor

-   Siswa dapat menjelaskan arah yang dituju dalam denah yang terdapat dalam LP 1

-   Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan denah terdapat di LP1

-   Siswa dapat mendeskripsikan arah yang dituju dalam denah yang terdapat di LP 1

3. Afektif

Keterampilan Karakter :

-   Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti kerja sama, jujur, teliti,tekun dan bertanggung jawab.

 

 

Keterampilan Sosial :

-   Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan menggunakan bahasa yang santun, dan membantu teman yang kesulitan.

 

  1. E.   MATERI PEMBELAJARAN

Membaca memindai untuk menemukan tempat dalam denah.

Membaca memindai adalah teknik membaca secara cermat untuk menemukan petunjuk tertentu. Mencari satu petunjuk tidak perlu membaca keseluruhan bacaan, cukup membaca petunjuk yang akan dicari. Salah satu petunjuk yang dapat dicari dengan membaca memindai adalah petunjuk denah. Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya.

Membaca denah dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Mencermati tanda-tanda yang terdapat dalam denah.
  2. Mencermati arah yang tertulis dalam denah
  3. Untuk mencari sesuatu, misalnya letak bangunan, cermatilah tanda-tanda dan arah yang mengarah pada letak bangunan tersebut.

 

  1. F.    MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Model Pembelajaran                : Kooperatif

Pendekatan                             : CTL, konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar.

Metode Pembelajaran              Pemodelan/demonstrasi, penugasan, diskusi.

 

  1. G.   BAHAN

Teks bacaan, denah

 

  1. H.   ALAT

LCD, papan tulis, spidol, kertas HVS,

 

  1. I.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No

Kegiatan

waktu

 
 
A. Kegiatan Awal (10 Menit)

  1. Guru mengkondisikan kelas.
  2. Guru melakukan apersepsi dengan cara bertanya kepada siswa tentang petunjuk jalan ke rumah salah satu siswa.
  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  4.  Guru menyampaikan prosedur pembelajaran, belajar kelompok, dan belajar individual.
   
 

 

 
B. Kegiatan Inti (65 Menit)

  1. Guru menjelaskan materi tentang membaca memindai dan cara membaca denah.(tekun)
  2. Guru memberikan contoh denah di depan kelas.
  3. 7.      Siswa diminta untuk mencari lokasi yang ditanyakan guru dan memberikan penjelasan. (teliti)
  4. Guru dan siswa bertanya jawab tentang denah yang diberikan di depan kelas.(rasa ingin tahu)
  5. Guru membagikan contoh denah, siswa diminta untuk mendiskusikan isi denah dengan teman sebangku(membantu teman dan bekerja sama)
  6. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan denah yang telah diberikan (jujur dan bertanggung jawab)
  7. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya atau menyanggah pendapat temannya.(bertanya dengan bahasa yang santun)
   
 

 

 
C. Kegiatan Akhir (5 Menit)

  1. Siswa menyampaikan kesimpulan
  2. Guru memberikan penguatan terhadap simpulan
   

 

  1. J.    SUMBER PEMBELAJARAN
    1. Lembar Kerja
    2. LP1 = Kognitif : produk
    3. LP2 = kognitif : proses
    4. LP3 = psikomotor
    5. LP4 = afektif: prilaku berkarakter
    6. LP5 = afektif: keterampilan sosial

 

  1. K.   PENILAIAN

Jenis tagihan:

  • Tugas individu:  menggunakan LP1, LP4, dan :LP5
  • Tugas kelompok: menggunakan LP2 dan LP3
  • Ulangan: Lembar kerja dan praktek

Bentuk instrument:

  • Uji petik produk
  • Tes unjuk kerja.

 

 

 

 

Mengetahui,                                                             Bengkulu, 07-10-2011

Guru Pamong

 

 

Edi Gunawan, M.Pd.                                                          Lia Melisa

NIP                                                                                   NPM A1A008023

 

 

 

Nama :                                               NIM :                                     Tanggal :

LP 1 = Kognitif : Produk

Kerjakan tugas berikut ini dengan tekun, teliti, jujur, dan penuh tanggung jawab!

  1. Setelah membaca denah yang diberikan, jawablah pertanyaan di bawah ini !

No.

pertanyaan

  Kamu berada di depan terminal, menghadap ke manakah terminal tersebut?

Kamu berada di lokasi persawahan, lokasi perumahan berada di jalan?

Di mana letak RS Bhakti Husada?

Kamu berada di kantor Kepala Desa Way Halim. Apa yang kamu temui jika kamu melihat ke arah barat?

Kamu berada di lahan pertanian, apa yang kamu temui jika kamu menoleh ke arah selatan?

 

 

  1. Jelaskan secara singkat dan jelas perjalananmu yang paling dekat ke tempat-tempat berikut!

 

 

  1. Kamu berada di depan Gedung Olahraga Way Halim akan menuju ke Terminal.
  2. Kamu berada di SMP 2 Way Halim akan menuju terminal !

 

 

 

 

 

 

 

KUNCI LP 1

1. Setelah membaca denah yang diberikan jawablah pertanyaan di bawah ini  !

No.

pertanyaan

  Terminal menghadap ke arah selatan.

Lokasi persawahan terletak di Jalan Halim Kusuma

RS Bhakti Husada terletak di Jalan Bawean.

Masjid Al. Huda

Gedung Olahraga Way Halim.

  1. Jelaskan secara singkat dan jelas perjalananmu yang paling dekat ke tempat-tempat berikut !
  2. Dari Gedung Olahraga Way Halim saya menuju arah utara menyusuri jalan Halim Kusuma. Sampai perempatan kedua, saya berbelok ke arah barat. Terminal terletak di Jalan Gajah Mada.
  3. Dari SMP 2 Way Halim saya menuju arah utara menyusuri Jalan Husada. Sampai perempatan pertama saya berjalan menuju arah utara menyusuri Jalan Serayu. Kemudian, sampai di pertigaan saya berbelok ke arah timur dan menyusuri Jalan Gajah Mada sampai perempatan. Terminal terletak di Jalan Gajah Mada dan di sudut perempatan.
 

 

 

 

 

 

 

 

 

INDIKATOR                         :

1        Kognitif

Proses            :  mengidentifikasi lokasi tertentu dalam denah

Produk          :  menemukan lokasi tertentu dalam denah

  1. 2.      Afektif
    1. Karakter : Teliti, tanggung jawab, rasa ingin tahu, tekun, jujur,  dan kerja sama.
      1. Keterampilan sosial
      2. Berbicara dengan bahasa yang santun
      3. Membantu teman yang mengalami kesulitan

 

  1. 3.      Psikomotor
  • Mampu menjelaskan arah yang dituju dalam denah
  • Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan denah
  • Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju.

 

Bengkulu,                      2011

Praktikan

 

Lia Melisa

NPM. A1A008023

 

 

 

                                                        

             VIIIXI

LP 2 = Kognitif: Proses

 

Prosedur:

  1. Bagikan lembar kerja kepada siswa secara individu .
  2. Tugasi siswa untuk membaca petunjuk denah yang akan digambar dan  kemudian mengerjakan tugas yang berupa : a. menggambar denah berdasarkan penjelasan ! B. memberikan penjelasan mengenai denah yang digambar !
  3. Siswa melaporkan hasil kerjanya.
  4. Penentuan kinerja siswa mengacu format asesmen kinerja di bawah ini.
  5. Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
  6. Siswa diizinkan mengakses kinerja mereka dengan menggunakan format ini.

 

FORMAT ASESMEN KINERJA PROSES

No.

Rincian Tugas Kinerja

Skor Maksimum

Skor Asesmen

Oleh siswa

Oleh Guru

1. Menggambar dengan benar denah sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

15

   
2. Memberikan penjelasan yang tepat sesuai dengan denah yang digambar.

 

35

   

Total

50

   

 

Hari/Tanggal :
Siswa,

 

(……………………………………..)

Guru,

 

(……………………………………..)

 

 

 

 

             VIII

LP 3 = Psikomotor

 

Prosedur:

  1. Tugasi siswa untuk menggambar denah berdasarkan petunjuk yang diberikan dan mengerjakan tugas: a. gambarlah denah berdasarkan penjelasan!  b. berikan penjelasan yang tepat sesuai denah yang digambar !
  2. Siswa melaporkan hasil kerjanya.
  3. Penentuan kinerja siswa mengacu format asesmen kinerja di bawah ini.
  4. Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
  5. Siswa diizinkan mengakses kinerja mereka dengan menggunakan format ini.

 

FORMAT ASESMEN KINERJA PSIKOMOTOR

No.

Rincian Tugas Kinerja

Skor maksimum

Skor Asesmen

Oleh Siswa

Oleh Guru

1

Menggambar dengan tepat denah berdasarkan penjelasan.

15

 

 

2

Memberikan penjelasan sesuai denah yang digambar.

 

35

 

 

Total

50

 

 

 

 

Hari, Tanggal :
Siswa,

 

(……………………………………..)

Guru,

 

(……………………………………..)

 

 

 

             VIII

LP 4 = Afektif: Perilaku Berkarakter

PETUNJUK:

Berikan penilaian atas setiap perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut:

A  = sangat baik                                                          B = memuaskan         

C = Menunjukkan kemajuan                                      D = memerlukan perbaikan

 

FORMAT PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER

No.

Nama Siswa

Rincian Tugas Kinerja (RTK)

Teliti   

Tanggung Jawab

Rasa Ingin Tahu

Jujur

Kerja Sama    Tekun             
           
           
           
           
           
           
           
           
           

 

 

Hari, Tanggal:
Guru/Pengamat,

 

(……………………………………..)

 

             VII

LP 5 = Afektif: Keterampilan Sosial

PETUNJUK:

Berikan penilaian atas setiap perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut:

A  = sangat baik                                                          B = memuaskan         

C = Menunjukkan kemajuan                                      D = memerlukan perbaikan

 

FORMAT PENGAMATAN KETERAMPILAN SOSIAL

No.

Nama siswa

Rincian Tugas Kinerja (RTK)

Menggunakan Bahasa Indonesia yang Santun

Membantu Teman yang Mengalami Kesulitan

     
     
     
     
     
     
     

 

Hari, Tanggal:
Guru/Pengamat,

 

(……………………………………..)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: